Mendagri Akui Pempek Palembang Semakin Diminati

By Admin

nusakini.com--Dalam kunjungan kerja ke Kota Palembang, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengakui pempek palembang semakin diminati oleh masyarakat. Dia mengungkapkan pempek menjadi kuliner yang cukup dikenal di tingkat internasional. 

"Pempek palembang cukup dikenal dan diminati masyarakat mancanegara sehingga Sumsel semakin dikenal di tingkat internasional," kata Mendagri saat berbicara dalam musyawarah perencanaan pembangunan rencana kerja pemerintah daerah di Palembang, Sumatera Selatan, Senin, (17/4). 

Mendagri mengatakan kekhasan kuliner yang ada di Palembang harus dipertahankan dan ditingkatkan keberadaannya agar semakin dikenal. Lantaran nantinya Sumatera Selatan akan menjadi salah satu tuan rumah Asian Games 2018. 

“Dalam waktu dekat ini Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games bersama DKI Jakarta. Jadi tamu mancanegara tersebut akan mengenal langsung makanan khas Palembang tersebut,” ujar Mendagri. 

Dengan semakin dikenalnya kuliner khas itu maka disamping menjadikan Sumsel semakin dikenal, pertumbuhan ekonomi yang ada di Sumsel juga akan turut meningkat. 

Dia menyebutkan pempek palembang yang dikirim keluar negeri mencapai enam hingga tujuh ton per hari dan itu sangat membanggakan. 

“Prestasi yang kedua kuliner yang paling hebat di Indonesia itu adalah Palembang. Per hari rata-rata 6 sampe 7 ton pempek terjual ke luar kota Palembang,” tambah dia. (p/ab)